Semakin hari pastinya Mobile Legends akan melakukan update secara berkala baik itu penambahan hero, skin, memperbaiki bug ataupun update lainnya yang akan meningkatkan sistem atau fitur di dalam game tersebut. Setiap adanya Update tentunya akan membuat size dari aplikasi Mobile Legend akan bertambah besar terbukti di hp mimin sendiri saat ini Size ML sudah mencapai 1,26 GB. 

Cara Mengatasi Lag Pada Mobile Legends

Perlu kamu ketahui update rutin dan penambahan size pada suatu game khususnya Mobile Legends ini bukanlah hal yang menyebabkan lag malah justru pada setiap update akan terjadi peningkatan pada fitur ataupun gameplay game dan sama sekali tidak menyebabkan patah-patah atau lag alias tidak berpengaruh sama sekali walupun size game akan menjadi lebih besar.


Lalu apa saja faktor penyebab lag di mobile legends ini? Banyak sekali hal yang dapat menyebabkan suatu game menjadi lagging seperti Ping Merah, FPS Drop, Stuttering, dll. Berbagai permasalahan itu dapat kamu atasi dengan 10 Solusi Mengatasi Lag Pada Mobile Legends Terbaru dibawah ini.

1. Pilih Koneksi Internet Yang Sesuai Dengan Daerah


Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi lag, pergerakan lambat, Error, atau tidak mau jalan pada games Mobile Legend adalah dengan cara memakai jaringan internet maupun provider yang support di daerah tkp tempat kamu tinggal. Pilihlah SIM Card yang mempunyai sinyal 4G/4G+ dan usahakan sinyal selalu full atau tidak mudah drop secara tiba-tiba, Kamu bisa bermain di tempat yang lebih tinggi atau di luar ruangan agar hp ataupun android bisa menangkap sinyal secara lebih baik.


Permasalahan lag ini dapat disebabkan oleh koneksi internet dan device yang digunakan, Jika permasalahan lag disebabkan oleh koneksi internet maka silahkan kamu ikuti saran mimin tersebut atau lebih baik jika kamu mencoba untuk menggunakan Wi-Fi untuk pengalaman permainan yang lebih baik dan tentunya sangat smooth.

2. Bermain Pada Malam Hari


Ketika kamu bermain di pagi ataupun siang hari tentunya server seringkali down atau penuh karena banyaknya player ml yang bermain pada pagi hingga sore hari untuk menghilangkan waktu luang. Karena banyaknya player yang online membuat server bisa menjadi tidak kuat dan tentunya akan terjadi lonjakan PING atau naik turunnya ping secara tidak stabil yang akan mempengaruhi kualitas gameplay kamu.

Kamu bisa memilih waktu yang sekiranya pas untuk bermain game mobile legends agar dapat menghindari lag yang disebabkan oleh server moonton. Menurut mimin saat Tengah Malam merupakan waktu yang cocok untuk bermain ML disaat kebanyakan orang sudah tidur atau sedang sibuk mengerjakan tugas, Pada waktu yang tepat ini kamu dapat bermain game tanpa khawatir adanya kendala server penuh atau server down.

3. Pilih Kualitas Grafis Yang Sesuai Dengan Spek Smartphone


Hal ini sangatlah penting agar Mobile Legends kamu tidak mendapatkan Frame Rate drop dan menyebabkan game menjadi patah-patah. Mobile Legends sendiri menyediakan 3 Opsi pilihan grafis yang dapat kamu pilih yaitu Low (Rendah), Medium (Menengah), dan High (Tinggi). Sesuaikan kualitas grafis dengan kemampuan smartphone kamu.

Setting Grafis ML
Jika kamu memiliki low end device smartphone yang memiliki RAM 1 GB dan GPU dibawah rata-rata maka lebih baik kamu memilih settingan low agar permainan dapat berjalan lebih lancar. Sementara untuk Smartphone yang memiliki High Spek maka bisa memilih settingan High agar kualitas yang ditampilkan menjadi lebih tajam dan berbagai efek akan muncul seperti shadow, skill animation, dan efek lainnya.

4. Force Stop Aplikasi Yang Berjalan di Latar Belakang


Hal ini merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan pengalaman lag di tengah permainan berlangsung. Aplikasi yang berjalan di latar belakang terlalu banyak akan menguras RAM dan membuat performa android menjadi lemot disaat bermain game.

Untuk mengatasinya kamu bisa melakukan Force Stop sementara aplikasi yang banyak menguras RAM seperti browser, Instagram, Facebook, WhatsApp, dll. Buang dan disable widget yang tidak berguna seperti pemberitahuan cuaca/weather, clock widget, ataupun widget lainnya yang tidak kamu butuhkan dan juga janganlah menggunakan live wallpaper atau wallpaper animasi bergerak karena hal ini dapat menyebabkan smartphone menjadi berat karena memori yang terkuras habis.

5. Aktifkan Mode Performa Smartphone


Biasanya Smartphone jaman sekarang yang berbasis UI atau memiliki User Interface terdapat fitur ataupun Opsi Mode Performa yang dapat diaktifkan melalu pengaturan yang berguna untuk meningkatkan performa CPU dan GPU dari sebuah smartphone android tetapi kekurangannya handphone akan menjadi lebih panas dan boros baterai.

Untuk mengaktifkan setting Mode Performa biasanya terletak pada Pengaturan > Baterai > Kinerja > Pilih Mode Performa/Performance. Sedangkan jika di dalam game mobile legends kamu bisa mengaktifkan High Frame Rate Mode (HFR) yang terdapat pada menu pengaturan agar dapat bermain dengan 60 FPS.

6. Jangan Charge Smartphone Disaat Sedang Bermain


Mengisi daya smartphone memang dibutuhkan tetapi jangan sekali sekali untuk melakukan charge disaat sedang bermain game karena selain menyebabkan smartphone menjadi panas (overheat), umur baterai juga akan berkurang atau cepat soak. Jika sudah terjadi overheat atau panas yang berlebih pada smartphone tentunya akan menyebabkan lag dan lebih parahnya lagi hp dapat restart atau reboot dengan sendirinya.

Jadi, Pastikan disaat kamu ingin bermain Mobile Legends keadaan baterai diatas 20% karena biasanya sistem UI pada android akan mengaktifkan Mode Hemat jika baterai telah dibawah 20% dan menurunkan performa android secara drastis guna menghemat baterai.

7. Update Operating Sistem Android Terbaru


OS android Lollipop keatas telah memiliki performa yang cukup baik jika digunakan untuk aktivitas gaming. Maka dari itu selalu cek dan update Sistem Android secara berkala untuk mendapatkan fitur terbaru serta memperbaiki beberapa bug yang terjadi pada sistem. Sistem Android yang sudah tidak lama di update kemungkinan memiliki banyak bug dan dapat menyebabkan aktivitas gaming menjadi tidak lancar.

8. Aktifkan Pengaturan Network Speed Mode Pada ML


Baru-baru ini Moonton telah menambahkan settingan baru yang dapat kita aktifkan untuk menghilangkan lag yang terjadi pada Mobile Legends yaitu Fitur Mode Cepat (Speed Mode). Dengan mengaktifkan mode ini kuota yang kita gunakan untuk bermain game akan menjadi lebih boros tetapi kelebihannya kita akan mendapatkan ping hijau di angka puluhan dan tentunya stabil.

Cara Mengaktifkan Network Speed Mode Mobile Legends :
  • Klik Menu Setting (Pengaturan) yang berlambang roda gerigi pada Mobile Legends
  • Pada Menu Basic (Dasar) silahkan scroll kebawah hingga menemukan sub menu opsi Network Setting (Pengaturan Jaringan)
  • Untuk Mengaktifkannya Silahkan Ubah Opsi tersebut dari Off menjadi On

9. Meningkatkan Performa Android Dengan Kernel Adiutor


Solusi selanjutnya agar kinerja smartphone kita menjadi maksimal dan mengatasi lag yang terjadi yaitu dengan Overclock Smartphone. Kamu bisa menggunakan Kernel Adiutor untuk melakukan Overclock Android, Di Aplikasi ini kita dapat mengubah CPU atau GPU Clock sesuai dengan keinginan. Untuk petunjuk cara penggunakan Kernel Adiutor pada Android silahkan kamu simak tutorialnya melalui link dibawah ini.


Untuk bisa overclock atau memaksimalkan performa android, Device kamu harus terlebih dahulu di root. Dan juga dengan melakukan menaikkan Frequency pada CPU dan GPU pada android akan membuat Smartphone menjadi lebih panas tetapi bekerja secara maksimal.

10. Gunakan Custom ROM Atau Custom Kernel


Cara terakhir untuk mengatasi lag yang terjadi pada android disaat bermain mobile legends yaitu dengan mengganti ROM ataupun memasang Custom Kernel. ROM yang terlalu berat atau terlalu besar penggunaan sistem nya pada Internal Memori akan mempengaruhi kinerja dari smartphone. Contohnya saja HP Xiaomi yang memiliki RAM 2GB dengan OS berbasis MIUI yang memakai RAM sekitar 1 GB lebih hanya untuk aplikasi bawaannya.

Jika kamu rasa ROM yang dipakai sekarang terlalu berat mungki kamu dapat menggunakan Custom ROM agar lebih ringan, Mimin sendiri lebih suka menggunakan LineageOS ROM karena selain sangat ringan ROM ini juga sangatlah cocok untuk aktivitas gaming.

Atau jika kamu tidak ingin mengganti ROM maka kamu bisa mencoba cara lainnya yaitu dengan menginstall Custom Kernel. Kernel bawaan OS biasanya sangat dibatasi performanya dan tidak terbuka sepenuhnya. Nah, dengan menginstall Custom Kernel biasanya performa android akan meningkat sepenuhnya karena telah di unlock.

Untuk cara Install Custom ROM atau Custom Kernel android terlebih dahulu harus dalam keadaan root dan telah dipasang CWM Custom Recovery, Untuk cara lebih lanjutnya kamu bisa googling sesuai tipe hp yang kamu miliki.

Kesimpulan :


Jika semua cara maupun solusi yang sudah mimin berikan diatas masih tidak mempan, Mungkin ini saatnya untuk kamu mempertimbangkan membeli Smartphone baru dengan spek yang lebih tinggi dari sebelumnya. Karena semakin tua umur smartphone kinerja yang dihasilkan dari processor dan gpu nya juga akan semakin menurun dan lama kelamaan menjadi tidak sanggup untuk menjalankan game yang memiliki kualitas rendahan sekalipun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here